Skip to main content

Featured

[REVIEW] LIESE in COOL ASH

Hi Beauties~ Di tengah pandemi gini, aku yakin banyak dari kalian yang coba-coba hal baru! Dari jadi suka masak, bercocok tanam, dekor rumah bahkan mungkin ada yang udah jadi artis Tik Tok? Haha, lucu ya selama masa karantina kita jadi bisa eksplor hal-hal yang sebelumnya kita gak pernah lakukan.  Nah, karena akupun termasuk salah satu yang udah WFH dari Maret, akhir-akhir ini jadi mulai mati gaya dan rambutpun mulai gak keurus. Yang dulu rajin banget ganti warna tiap bulan, sekarang sampai rambut gondrong dan kuning aku tetep tahan gak ke salon. Yes, aku gak mau keluar rumah unless itu penting banget. Ke salon itu termasuk di list yang menurut aku masih gak perlu. Dan jadilah aku mulai eksperimen yaitu coba-coba warnain rambut sendiri dirumah. FYI, rambut aku dulu basenya ash brown with bleached ash grey babylights . Karena skintone-ku termasuk yang warm , aku lebih suka warna rambut cool tone untuk balance everything out . Akhirnya setelah lama baca review sana sini tentang cat rambu

TOO LAZY TO READ | Q&A ABOUT SUN CARE




I know time is money and maybe some of you are too busy (or just lazy) to read the whole article. Jadi, di section ini aku akan tulis Q&A yang bisa meringkas semua pengetahuan hanya dalam 10 menit baca! 


Today's topic is : SUN CARE. 
IS IT THAT IMPORTANT FOR YOU?


Kenapa harus pakai sunscreen?
Sinar UV bisa memantul di air dan permukaan dengan warna terang (contoh: tembok putih, pasir bahkan salju) dan menembus kaca. Sunscreen bahkan harus dipakai saat mendung sekalipun karena 80% sinar UV masih bisa mencapai permukaan bumi. Kulit yang terpapar matahari secara berulang akan menyebabkan penuaan dini seperti fine lines, keriput, flek dan yang paling parah, kanker kulit. 

Apa itu UVA dan UVB?
Sinar UV terbagi menjadi UVA, UVB dan UVC. UVC tidak dapat menembus bumi karena terhalang atmosfer, tapi UVA dan UVB menembus awan gelap sekalipun. UVB akan membakar kulit terluar sehingga memerah atau bahkan mengelupas. UVA akan menembus lapisan kulit hingga bagian dermis dan penyebab utama penuaan pada kulit manusia (menghilangnya elastisitas sel kulit) dan diketahui sebagai pencetus kanker kulit. 

Apa saja dampak dari sinar UV?
  • Kulit terbakar dan mengelupas.
  • Kanker kulit.
  • Flek hitam atau noda di wajah.
  • Mempercepat proses penuaan pada kulit karena merusak kolagen dan sel-sel regenerasi baru yang dapat menimbulkan keriput dan kulit jadi turun (saggy skin).
Bagaimana cara melindungi kulit dari sinar matahari?
  • Pakai sunscreen setiap hari bahkan saat mendung sekalipun.
  • Jika selalu berada di dalam ruangan, SPF 30 adalah paling minimum.
  • Saat berada diluar ruangan, pastikan kulit tertutup dan tidak terkena sinar secara langsung. Jika kulit merasa panas dan mulai memerah, itu tandanya sinar UVA sudah menembus ke kulit.
  • Pastikan kaca mobil/rumah/sunglasses kamu mempunyai label UV protection yang akan membantu menyaring sinar UV.
  • Biasakan penggunaan sunscreen setiap hari tanpa terkecuali.
Tipe sunscreen apa yang harus dipakai?
Banyak tipe yang bisa dijadikan pilihan. Pastikan sunscreen kamu mempunyai label PA+++ atau  'broad spectrum protection' yang akan melindungi langsung dari UVA dan UVB. Pilih dengan SPF diatas 30. Jika akan dipakai outdoor dengan paparan matahari tinggi seperti pantai, pilih dengan SPF 50 dan klaim water-resistant.

Apa beda physical dan chemical sunscreen?
Physical (atau biasa disebut mineral sunscreen) saat dipakai akan menyerupai layaknya topeng sehingga menangkal langsung sinar matahari. Kandungan utamanya zinc oxide dan titanium dioxide. Chemical sunscreen akan menyerap sinar matahari dan merubahnya menjadi panas dan mengeluarkannya sebagai radiasi infrared dari tubuh. Main ingredients oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate and octinoxate.

Bingung! Jadi intinya physical sama chemical cara kerjanya gimana?
Ok, biar lebih gampang - physical sunscreen itu menghalangi atau block langsung sinar matahari dan chemical sunscreen menyerap UVA dan UVB. Banyak sunscreen yang mengkombinasikan dua jenis ini.

What I'd recommend :



Terus aku pilih yang mana?
Aku lebih rekomen physical/mineral sunscreen yang berbahan dasar zinc oxide/titanium dioxide yang lebih aman buat kulit sensitif. Selain itu, sunscreen jenis ini bisa langsung dipakai tanpa harus tunggu hingga menyerap dulu. Emang sih susncreen tipe ini biasanya bertekstur thick dan meninggalkan white residue yang bikin muka abu-abu, tapi di zaman yang udah advance gini, banyak brand yang menciptakan zinc oxide dengan ukuran micro yang gak akan meninggalkan white cast pada kulit! Rajin-rajin aja liat ingredients list di belakang produk ya.

Apakah make-up dengan kandungan SPF bisa melindungi dari matahari?
Some protection is better than nothing, tapi tidak ada produk make-up yang bisa memberikan proteksi maksimal jika gak digunakan dengan ukuran yang pas. Untuk semua produk make-up yang mengandung SPF, kamu perlu menggunakan 2mg per cm2 -  two milligrams of sunscreen per centimeter squared of skin - jadi sekitar satu sendok teh untuk diaplikasikan ke seluruh wajah. Itu artinya, satu botol foundation ukuran 30ml hanya memberikan proteksi untuk enam kali pemakaian, dengan kata lain, make-up dengan kandungan sunscreen tidak akan melindungi kamu 100% dan tetap butuh bantuan dari sunscreen yang sebenarnya.

Sunscreen bisa kadaluarsa gak sih?
Bisa! Sebelum pakai kamu bisa cek di kemasan dan lihat expiry date-nya. Biasanya, sunscreen akan bertahan 12-18 bulan setelah kemasan dibuka. Untuk sunscreen yang sudah bersertifikat BPOM sudah pasti tidak akan ada masalah karena ada tanggal kadaluarsanya. Lain halnya dengan sunscreen yang berasal dari Jepang, biasanya mereka hanya menampilkan tanggal produksinya saja. Itu artinya, kamu bisa pakai kapanpun dengan batas waktu maksimal 12 bulan setelah kemasan dibuka.

Sunscreen pill? Wait, what?
Ada juga loh ternyata yang jual sunscreen pill! Sunsafe Rx contohnya mengklaim,  "just one capsule per day provides natural, healthy, anti-aging protection from UV rays," which is... bullshit. Tubuh kita tidak bisa menciptkan barrier sendiri terhadap matahari dan memerlukan bantuan sunscreen yang digunakan diluar kulit. Belum ada pernyataan dan riset resmi yang menyatakan sunscreen pill efektif dan aman bagi kulit, jadi lebih baik pilih yang sudah pasti aman aja ya.

Haruskah saya beli sunscreen khusus untuk bayi dan anak?
Sunscreen yang diformulasikan khusus untuk bayi dan anak-anak biasanya tidak mengandung fragrance dan bahan-bahan pemicu iritasi lainnya. Komposisinya akan didominasi oleh kandungan mineral sunscreen seperti zinc oxide atau titanium dioxide. Disarakan untuk tidak mengaplikasan sembarang sunscreen terhadap bayi karena kulitnya yang masih sensitif. Jika berada di luar, pastikan bayi berada di tempat teduh dan tidak terpapar matahari terlalu lama. 


Comments

Popular Posts