Skip to main content

Featured

[REVIEW] LIESE in COOL ASH

Hi Beauties~ Di tengah pandemi gini, aku yakin banyak dari kalian yang coba-coba hal baru! Dari jadi suka masak, bercocok tanam, dekor rumah bahkan mungkin ada yang udah jadi artis Tik Tok? Haha, lucu ya selama masa karantina kita jadi bisa eksplor hal-hal yang sebelumnya kita gak pernah lakukan.  Nah, karena akupun termasuk salah satu yang udah WFH dari Maret, akhir-akhir ini jadi mulai mati gaya dan rambutpun mulai gak keurus. Yang dulu rajin banget ganti warna tiap bulan, sekarang sampai rambut gondrong dan kuning aku tetep tahan gak ke salon. Yes, aku gak mau keluar rumah unless itu penting banget. Ke salon itu termasuk di list yang menurut aku masih gak perlu. Dan jadilah aku mulai eksperimen yaitu coba-coba warnain rambut sendiri dirumah. FYI, rambut aku dulu basenya ash brown with bleached ash grey babylights . Karena skintone-ku termasuk yang warm , aku lebih suka warna rambut cool tone untuk balance everything out . Akhirnya setelah lama baca review sana sini tentang cat rambu

#ONTHETREND : CENTELLA ASIATICA



Apakah kalian pernah dengar tentang kandungan Centella Asiatica? Buat yang suka Korean skincare pasti familiar dengan kandungan berikut ini. Sekarang lagi marak banget produk-produk yang menjual nama Asiatica didalamnya, bahkan beberapa produk dari US juga sudah melirik dan menggunakan kandungan ini karena dikenal manjur untuk mengobati luka. Jadi sebenernya apa sih Centella Asiatica ini dan apa saja kegunaannya terutama untuk kulit?

What is it?
Centella Asiatica punya banyak nama dan mempunyai sebutan yang berbeda-beda di setiap negara, terutama di Asia. Terkenal luas di India sebagai mandukparni (Indian Pennywort) tumbuhan ini dianggap sebagai 'brain food' karena saat dikonsumsi ada kandungan brahmicacid dan isobrahmic acid yang membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Di Cina dikenal sebagai Gotu Kola, sudah dipakai selama lebih dari 2000 tahun dan disebut sebagai 'miracle elixirs of life' karena kemampuannya untuk mengobati luka dalam waktu yang singkat. Disebut juga dengan Tiger Grass karena saat macan mempunyai luka ditubuhnya, dia akan tidur dan berguling-guling diatas tumbuhan ini untuk mengobati lukanya. 

Di Korea sendiri, Centella Asiatica lebih suka disingkat menjadi Cica dan dengan trik marketing yang tepat disertai tingkat kepopuleran K-beauty di dunia, nama Cica menjadi terkenal dan mulai digunakan di setiap produk.

Ssst, di Indonesia brand Mustika Ratu dan Sariayu sudah menggunakan kandungan ini dari dulu lho. Disebut sebaga pegagan, brand diatas menciptakan produk untuk mengobati jerawat dan body lotion untuk mengurangi tampilan selulit dan stretchmark pada tubuh. Banyak banget ya ternyata manfaatnya?



Benefits on Skin
  • Wound Healing / Mengobati Luka
Ekstrak dari Centella Asiatica, Madecassol, mempunyai kandungan asiatic acid, madecassic acid dan asiaticoside yang meningkatkan total protein, kolagen sekaligus menstimulasi pertumbuhan sel dan  jaringan disekitar luka. Kandungan triterpenoid juga membantu meningkatkan produksi hyalurunic acid dari tubuh sehingga membantu melembabkan kulit.

Madecassoside juga mampu mengobati luka bakar dengan meningkatkan antioksidan alami dan memperbaiki sekaligus mempercepat produksi kolagen pada tubuh sehingga dapat meredakan dan meregenerasi kulit setelah luka bakar.

Buat kamu yang kulitnya acne prone dan sensitif, terutama saat kamu mencoba banyak produk dan gak cocok, kandungan Madecassol di Centella Asiatica akan membantu banget untuk meredakan inflamasi pada kulit. Dan kalau kamu punya eczema atau kemerahan, Centella Asiatica adalah salah satu kandungan yang dapat membantu menenangkan dan mengurangi kulit memerah pada wajah. Tapi perhatikan juga kandungan lain didalam produk yang kamu pakai ya. Hindari produk dengan kandungan alcohol karena akan mencetus reaksi memerah di kulit muka.
  • Menyamarkan Selulit
Dengan kemampuannya meningkatkan produksi kolagen tipe 1,  Centella Asiatica juga dapat membantu menyamarkan selulit pada tubuh jika digunakan dalam jangka panjang. Kandungan ini akan membantu menormalkan metabolisme sel-sel diantara jaringan tubuh sehingga menutup jalan lemak untuk keluar dari jaringan tersebut. 

Side Effect
Saat ini belum ada efek samping yang ditemukan dari Centella Asiatica sehingga kandungan ini dikenal sebagai non-toxic ingredient. Tapi, perlu diingat bahwa kondisi setiap kulit berbeda dan masing-masing tubuh mempunyai reaksi tersendiri akan kandungan baru. Jangan lupa untuk selalu membaca ingredients list di setiap produk agar kamu bisa menghindari kandung-kandungan yang berbahaya dan gak cocok buat kulit.

c.theherbalresource

Suiteable for..
  • Kulit dengan psoriasi, eczema atau selulit.
  • Kulit sensitif karena terlalu banyak menggunakan high concentrated acids (biasanya AHA/BHA dan Retinol)
  • Acne-prone skin. Aman untuk kulit berjerawat. Tapi, kandungan ini bukan untuk mengobati jerawat ya, hanya untuk ngebantu memperbaiki sel kulit setelah jerawat hilang/kempes.
  • Kulit dengan luka bakar.
  • Bagus buat kulit setelah facial / laser treatment.
Conclusion
So, intinya Centella Asiatica itu membantu mengobati kulit yang luka, menyeimbangakn produksi minyak, membantu lapisan dermis memproduksi kolagen dan meningkat kekenyalan pada kulit. 

Aku suka banget sama kandungan ini karena membantu merawat wajahku apalagi kalau lagi gak jelas dan sensitif. Biasanya saat kulit over-sensitized karena coba produk dengan kandungan acid tinggi, alkohol dan parfum kulitku jadi merah-merah dan perih. Di saat inilah Centella Asiatica selalu menjadi savior atau penyelamat kulitku! Dipake 2 malam aja, langsung kulitku kembali normal lagi.

Buat kalian yang gak ada masalah signifikan pada kulit, Asiatica ini gak memberikan efek yang gimana banget sih. Dia bener-bener hanya membantu kulit bermasalah aja. Jadi kalau dipakai saat kulit lagi fine-fine aja ya gak akan ada perubahan yang terlalu kelihatan karena dia hanya membantu produksi kolagen yang biasanya membutuhkan pemakaian rutin. Jadi kamu bisa mengggunakan produk Asiatica sebagai perawatan reguler yang bisa kamu barengin sama serum lain. Contohnya kalau target kamu mencerahkan kulit, kamu bisa selingin dengan L-ascorbic acid atau kandungan vitamin c ainnya.

Perlu diingat Centella Asiatica itu gak bisa mencerahkan, exfoliate atau menghilangkan jerawat maupun bruntusan ya guys. Untuk jerawat, dia hanya akan mambantu mempercepat penyembuhan kulit yang luka karena jerawat dan mencegah blemishes atau spot hitam.




Products I recommend :
  • All products from Dr. Jart Cicapair Series. Love, love, love! Serumnya bener-bener manjur buat ngobatin kulit saat lagi sensitif banget dan Night Re-Pairnya bisa bikin kulit kering jadi supple overnight! Yang Re-cover lebih kayak tinted moisturizer with SPF 30, bentuknya kayak thick cream warna hijau tapi tenang aja warnanya akan berubah menyesuaikan warna kulit kamu. Buat yang mau ngurangin pakai foundation atau mau tetap pakai sedikit makeup setelah perawatan muka seperti facial dan laser, bisa pakai ini buat sehari-hari karena dia akan membantu even out your skintone juga. 
  • Innisfree Bija Cica Balm. Buat yang ini karena ada kandungan Bija plant, cocok buat mengobati kulit jerawat dan bruntusan! I must say Bija and Cica are match made in heaven karena selain melawan jerawat juga sekaligus mengobatinya untuk mencegah sisa dan bekas jerawat yang susah hilang. Dan ada kandungan Squalane yang bisa mengontrol minyak, anti-inflammatory dan juga sebagai agen yang bagus untuk anti aging! Ada versi gel-nya juga buat kamu dengan kulit oily lho.
  • Heimish All Clean Green Foam pH 5.5. Ini cleansing foam favorit aku buat double cleansing. Dengan kadar pH yang normal, aku jadi gak perlu pakai toner lagi dan kulitku gak terasa kering sama sekali setelah cuci muka. Yang paling penting di produk ini gak ada fragrance yang menurutku unnecessary banget di facial foam. 





Comments

Popular Posts