Skip to main content

Featured

[REVIEW] LIESE in COOL ASH

Hi Beauties~ Di tengah pandemi gini, aku yakin banyak dari kalian yang coba-coba hal baru! Dari jadi suka masak, bercocok tanam, dekor rumah bahkan mungkin ada yang udah jadi artis Tik Tok? Haha, lucu ya selama masa karantina kita jadi bisa eksplor hal-hal yang sebelumnya kita gak pernah lakukan.  Nah, karena akupun termasuk salah satu yang udah WFH dari Maret, akhir-akhir ini jadi mulai mati gaya dan rambutpun mulai gak keurus. Yang dulu rajin banget ganti warna tiap bulan, sekarang sampai rambut gondrong dan kuning aku tetep tahan gak ke salon. Yes, aku gak mau keluar rumah unless itu penting banget. Ke salon itu termasuk di list yang menurut aku masih gak perlu. Dan jadilah aku mulai eksperimen yaitu coba-coba warnain rambut sendiri dirumah. FYI, rambut aku dulu basenya ash brown with bleached ash grey babylights . Karena skintone-ku termasuk yang warm , aku lebih suka warna rambut cool tone untuk balance everything out . Akhirnya setelah lama baca review sana sini tentang cat rambu

Cetearyl Alcohol - A Puppy with a Wolf Mask



Apakah kalian pernah lihat skincare products dengan label Alcohol Free tapi pas liat ingredients list-nya, ada label Ceteary Alcohol? Wah, pasti kita langsung kecewa dan bingung dengan statement free of alcohol-nya.

Lucky you, aku sekarang akan bahas tentang Cetearyl Alcohol lengkap dengan manfaat dan kegunaanya!

QUICK FACTS  
JENIS KOMPONEN : Emulsifier (zat untuk membantu menjaga kestabilan emulsi minyak dan air.} 
KEGUNAAN UTAMA : Menstabilkan zat antara minyak dan air, mencegah pemisahan dan mengentalkan cairan. 
SIAPA YANG BISA PAKAI : Semuanya! Aman untuk kulit. 
SEBERAPA SERING BISA DIPAKAI : Setiap hari.


What Is Cetearyl Alcohol?

Cetearyl Alcohol adalah zat lilin yang berasal dari tumbuhan seperti palm oil atau coconut oil, tapi bisa juga dikembangkan di lab secara kimiawi. Zat ini biasa dipakai di hampir semua produk untuk kulit dan rambut seperti krim, lotion, pelembab dan shampo. 

Penggunaan di produk kosmetik biasanya untuk mengikat dan menstabilkan keseluruhan zat agar tidak terpisah, jadi kamu gak perlu mengocok produk sebelum pemakaian. Nama lain dari Cetearyl Alcohol adalah C16-18 atau cetostearyl alcohol.



Benefits of Cetearyl Alcohol for Skin?


Cetearyl alcohol sebenarnya bukan komposisi yang mempunyai efek khusus untuk kulit, tapi lebih untuk melengkapi suatu komposisi secara keselurahan dalam suatu produk. Contohnya sebagai berikut : 


  • Mencegah zat minyak dan air terpisah : Ini adalah fungsi utama dari Cetearyl Alcohol, jadi tektsur di produk kecantikan kamu lebih smooth dan enak saat diaplikasikan.
  • Membantu memudahkan pemakaian di kulit : Bayangkan kalau kandungan zinc oxide di sunscreen kamu terpisah dengan water atau zat cair lainnya? Kamu pasti akan kesulitan saat meratakan produk dan ada kemungkinan kalau produk tidak terulas secara rata di kulit. 
  • Mengentalkan tekstur : Sebagai thickening agent yang mengentalkan tekstur produk agar tidak terlalu cair.
  • Melembutkan kulit : Walaupun bukan khasiat utama dari Cetearyl Alcohol, tapi karena terbuat dari minyak tumbuhan, zat ini bisa jadi emollient property yang bisa melembutkan dan menghaluskan kulit.

Cetearyl Alcohol vs. Sensitizing Alcohols


Walaupun ada label alkoholnya, tapi Cetearyl Alcohol itu gak sama dengan alkohol tradisional lain yang terkenal bikin kulit kering dan jadi sensitif

Di dunia kimia, cara pemberian nama zat itu bergantung pada struktur kimia dan elemen yang tersusun. Jadii, kalau Oksigen dan Hydrogen  (-OH) bersatu maka otomatis campuran ini dinamakan alkohol. Tapi, komponen lainlah yang menentukan bagaimana alkohol bisa bener-bener berfungsi - salah satu case-nya adalah si cetearyl ini. Walaupun dia termasuk dalam grup alkohol, tapi ia mempunyai kandungan fats atau lemak didalamnya yang merubah sifat -OH secara keseluruhan dan merubahnya menjadi emmolient atau lebih melembabkan pada kulit.

"It doesn’t mean that every alcohol is going to irritate you or strip your skin or be bad for you."

So, sekarang udah tau kan bahwa kandungan ini sebenernya aman buat kulit. In other words, you can finally take a deep breath, knowing that you don't have to toss out every product that contains Cetearyl Alcohol!



Comments

  1. You made such an interesting piece to read, giving every subject enlightenment for us to gain knowledge. Thanks for sharing the such information with us to read this... Riverside Substance abuse treatment

    ReplyDelete
  2. rehabilitation center in california I would like to say that this blog really convinced me to do it! Thanks, very good post.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts