Skip to main content

Featured

[REVIEW] LIESE in COOL ASH

Hi Beauties~ Di tengah pandemi gini, aku yakin banyak dari kalian yang coba-coba hal baru! Dari jadi suka masak, bercocok tanam, dekor rumah bahkan mungkin ada yang udah jadi artis Tik Tok? Haha, lucu ya selama masa karantina kita jadi bisa eksplor hal-hal yang sebelumnya kita gak pernah lakukan.  Nah, karena akupun termasuk salah satu yang udah WFH dari Maret, akhir-akhir ini jadi mulai mati gaya dan rambutpun mulai gak keurus. Yang dulu rajin banget ganti warna tiap bulan, sekarang sampai rambut gondrong dan kuning aku tetep tahan gak ke salon. Yes, aku gak mau keluar rumah unless itu penting banget. Ke salon itu termasuk di list yang menurut aku masih gak perlu. Dan jadilah aku mulai eksperimen yaitu coba-coba warnain rambut sendiri dirumah. FYI, rambut aku dulu basenya ash brown with bleached ash grey babylights . Karena skintone-ku termasuk yang warm , aku lebih suka warna rambut cool tone untuk balance everything out . Akhirnya setelah lama baca review sana sini tentang cat rambu

THE ORDINARY GUIDE : Niacinamide, Lactic Acid, AHA + BHA, Glycolic Toning, Resveratrol (PART 1)



Oh, The Ordinary..

Buat skincare enthusiasts pasti tau dengan brand ini karena selain affordable, banyak dari produk mereka yang ternyata ampuh banget buat masalah-masalah kulit kayak oily, dull skin or acnes. Apalagi di Indo yang problem kulitnya itu sebenernya mirip-mirip, produk yang aku coba juga pasti familiar buat kalian. Jadi, buat yang problemnya sama kayak aku, semoga review ini membantu ya <3


-------------------------------------------------------


The Ordinary - Niacinamide 10% + Zinc 1% 1 oz/ 30 mL

NIACINAMIDE  10% +  ZINC 1%

Ingredients : 
Water, Niacinamide, Pentylene Glycol, Zinc PCA, Tamarindus Indica Seed Gum, Xanthan Gum, Isoceteth-20, Ethoxydiglycol, Phenoxyethanol, Chlorphenesin.

Star Ingredients :
-Niacinamide (Vitamin B3): Memudarkan bekas jerawat dan mencerahkan spot gelap. 
-Zinc : Mengontrol sekaligus mengurangi minyak.

Size : 30ml

Price : $5.90 / Rp. 110.000 - 200.000 (price varied in E-commerce sites)

PRO :
Impressive product that gives you real result! Produk ini adalah produk The Ordinary (TO) pertama yang aku coba dan langsung memberikan hasil yang signifikan dalam waktu cenderung lumayan singkat. Kulitku yang dulu kusam dan agak gelap (walau udah didempul pake foundation) jadi lumayan cerah dan aku juga coba buat bekas jerawat di dada yang susah hilang dan voila! In one month, dark spotnya hilang! Dengan kandungan zinc 10% nya juga membantu mengurangi minyak di muka and the oils are all gone. ALL. And my skin became dry.. Which will lead to the Con section below.

CON :
Jadi, salah satu kelemahan dari produk TO adalah kalian harus hati-hati saat penggunaannya. Dengan kandungan straight acids, pemakaiannya harus sesuai kebutuhan dan ada beberapa produk yang gak bisa dipakai setiap hari.

Salah satunya adalah produk ini dengan kandungan Zinc-nya. Awalnya karena kulitku berminyak banget, abis pakai produk ini langsung kayak ga butuh kertas minyak lagi. Tapi lama kelamaan kulitku jadi kering dan mulai ada dry patches, bahkan kering di daerah hidung yang biasanya oily banget. Aneh kan? Ternyata, salah satu penyebabnya adalah pemakaian yang terlalu sering yaitu pagi dan malam, setiap hari. 

Zinc berguna untuk mengontrol sebum atau kelenjar minyak, jadi produk ini sebenernya ampuh banget buat ngurangin minyak tapi pemakaian cukup 1x sehari. Kalau misalnya kalian berminyak banget, bisa dipakai 2x sehari di dua minggu pertama, setelah cukup dilanjut 1x pemakaian perharinya untuk nyeimbangin produksi minyak.

The Ordinary - Lactic Acid 10% + HA 1 oz/ 30 mL

Lactic Acid 10% + HA
Ingredients : 
Water, Lactic Acid, Glycerin, Pentylene Glycol, Potassium Citrate, Arginine, Triethanolamine, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Tasmannia Lanceolata Fruit/leaf Extract, Acacia Senegal Gum, Xanthan Gum, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, PPG-26-Buteth-26, Ethyl 2,2-Dimethylhydrocinnamal, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Ethylhexylglycerin, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol.

Star Ingredients :
-Lactic Acid: Termasuk salah satu dari AHA yang membantu proses ekfoliasi permukaan kulit.
-Tasmanian Pepperberry: Menenangkan kulit setelah ekfoliasi.

Size : 30ml

Price : $6.80 / Rp. 135.000 - 210.000 (price varied in E-commerce sites)

PRO :
Produk ini cocok buat kamu yang mempunyai masalah dengan dull skin atau kulit kusam. Lactic Acid sendiri adalah tipe dari Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang digunakan untuk pengangkatan kulit mati khususnya di permukaan kulit (epidermis) jadi lebih cocok dipake buat kulit normal-kering bahkan sun-damaged skin karena membantu memperbanyak natural moisturizing factors di kulit kita.

Aku pakai ini seminggu sekali dan ngerasa kulitku jadi lebih bersih aja dan gak gampang jerawatan. Mungkin karena jatohnya sering exfoliate, jadi kotoran atau debu yang nempel gak ada yang nyisa dan masuk ke pori-pori.

CON :
Ingat, karena kandungan Lactic Acidnya cukup tinggi yaitu 10%, kalian yang gak pernah pake produk TO atau acids lainnya, bisa mulai seminggu sekali dulu dan lihat reaksinya. Aku sendiri pas pertama pakai ini cukup clekit-clekit karena biasanya AHA dan BHA punya reaksi yang cukup kuat di kulit kita.

Untungnya, TO punya produk yang kandungan Lacticnya lebih kecil yaitu 5% saja. Jadi buat kamu yang mau coba ini sebagai chemical exfoliator, bisa start dengan yang persentasi kecil dulu. Gunakan setelah toner, sebelum cream.

The Ordinary - AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution 1 oz/ 30 mL

AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution
Ingredients : 
Glycolic Acid, Water, Aloe Barbadensis Leaf Water, Sodium Hydroxide, Daucus Carota Sativa Extract, Propanediol, Cocamidopropyl Dimethylamine, Salicylic Acid, Potassium Citrate, Lactic Acid, Tartaric Acid, Citric Acid, Panthenol, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Tasmannia Lanceolata Fruit/Leaf Extract, Glycerin, Pentylene Glycol, Xanthan gum, Polysorbate 20, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Ethylhexylglycerin, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol.

Star Ingredients :
- Glycolic & Lactic Acid: : Exfoliates the outer layers of the skin.
- Salicylic Acid: Exfoliates inside the pores to reduce congestion.

Size : 30ml

Price : $7.20 / Rp. 180.000 - 250.000 (price varied in E-commerce sites)

PRO : So, aku beli ini karena katanya ini dupe Drunk Elephant yang Sukari punya. Wah, lumayan banget kan dari harga Sukari yang 1jutaan lebih bisa coba dari TO cuma 100-200an ribu?! Nah sesuai namanya, produk ini memang mempunyai kandungan AHA dan BHA yang termasuk tinggi banget. Kalau kamu lihat produk lain, biasanya kandungan AHA jarang yang melebihi 10% (kecuali Drunk Elephant yang 20%) jadi produk ini bisa kasih hasil instan jreng! Serius ya, abis pakai ini kulit aku jadi muluussssss bangetttt.  Pernah sekali pas pake ada jerawat kecil nyempil di antara alis, langsung deh kering besoknya! Gimana ga cinta?!

Tapi zuzur, masih banyak yang keknya bingung gitu gimana pake si AHA + BHA ini. Jadiii, setelah kalian cuci muka (kalau yang biasa double cleanse, jangan dulu ya. Cukup start dari foam cleanser aja) langsung olesin tipis-tipis di muka dan diemin selama max. 10 menit dan langsung bilas pake air. Jangan lebih dari 10 menit karena takutnya kulit kalian gak kuat dan jadi merah-merah alias super sensitif besoknya.

Setelah itu kalian bisa lanjut dengan krim yang light aja atau oil untuk meredakan proses eksfoliasi dan menenangkan kulit. Jangan lupa pake sunscreen besoknya ya! Wajib karena kulit lagi sensitif sama sinar UV.

CON :
Seperti yang udah aku jelasin diatas, produk ini cukup advance dan gak bisa dipakai sembarangan apalagi pemula. Kalau kulit kalian masih virgin alias ga pernah facial, ga pernah coba-coba pakai serum atau produk dengan kandungan acid lainnya, kulit bisa langsung sensitized dan pastinya memerah. Jadi, pastiin kulit kamu udah ready ya.

Saat pemakaian udah pasti akan ngerasa clekit-clekit gitu, tapi kalau ngerasa terlalu perih dan sakit, segera cuci muka! Abis itu bisa lanjut pakai toner/krim yang mengandung Centella Asiatica buat nenangin kulitnya. Ingat pemakaian gak boleh lebih dari 10 menit ya, karena waktu aku coba pake lebih dari itu, besoknya kulit merah dan langsung perih 3 hari, hiii.

But overall, it's a great product. More like emergency tool kalau kalian besok mau tampil kinclong mempesona. Bisa start dengan penggunaan 1 bulan sekali, 7 menit baru bilas trus gradually bisa dua minggu sekali. Beauty is pain indeed, huh?


The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution Image 2


Glycolic Acid 7% Toning Solution

Ingredients : 
Water, Glycolic Acid, Rosa damascena flower water, Centaurea cyanus flower water, Aloe Barbadensis Leaf Water, Propanediol, Glycerin, Triethanolamine, Aminomethyl Propanol, Panax Ginseng Root Extract, Tasmannia Lanceolata Fruit/Leaf Extract, Aspartic Acid, Alanine, Glycine, Serine, Valine, Isoleucine, Proline, Threonine, Histidine, Phenylalanine, Glutamic Acid, Arginine, PCA, Sodium PCA, Sodium Lactate, Fructose, Glucose, Sucrose, Urea, Hexyl Nicotinate, Dextrin, Citric Acid, Polysorbate 20, Gellan Gum, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Sodium Chloride, Hexylene Glycol, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol.

Star Ingredients :
-Glycolic Acid: Kandungan dari AHA untuk exfoliate / mengangkat sel kulit mati.
-Tasmanian Pepperberry Derivative: Meredakan iritasi selama pemakaian acid.
-Ginseng Root and Aloe Vera: Bisa kasih that radiance effect dan menenangkan kulit

Size : 240ml

Price : $8.70 / Rp. 180.000 - 280.000 (price varied in E-commerce sites)

PRO :
Ini cocok banget buat pemula yang mau coba pake produk dari The Ordinary! Teksturnya watery banget kayak toner pada umumnya dan bisa dipakai setiap hari (PM only!) Kandungan Glycolic Acid berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati secara mild (hanya lapisan teratas) cocok banget buat kamu yang suka naik transportasi umum dan terekspos secara berkala sama polusi dan panas matahari.

Hasilnya? Mukaku jadi bebas dari jerawat karena eksfoliasi berkala, dan muka aku emang keliatan lebih cerah walau gak dempulan pake foundation! Sekarang jadi males pake foundie karena kayaknya udah cukup bedakan doang.

CON :
Pertama pake langsung ada sensasi tingling atau cleki-clekit, gak banget sih. Mild aja. Jadi buat kamu yang pertama pake dan langsung ngerasa hal yang sama, coba pakai dua hari sekali dulu ya. Biarin kulit kamu terbiasa dengan acid dan setelah rasa tinglingnya udah berkurang atau hilang, baru kamu bisa pakai setiap malam.

Setelah pakai toning solution ini, aku langsung lanjut moisturizer biasa atau oil untuk kasih hydration ekstra buat kulit. Buat kamu yang oily banget, bisa lanjut pakai light moisturizer ya.

Jangan gabung pemakaian Glycolic Toning ini dengan serum/essence yang mengandung AHA/BHA tinggi untuk menghindari over-exfoliate.




Resveratrol 3% + Ferulic Acid 3%

Ingredients : 
Propanediol, Resveratrol, Ferulic Acid.

Star Ingredients :
- Resveratrol: Powerful antioxidant.
- Ferulic Acid: Powerful antioxidant.

Size : 30ml

Price : $7.90 / Rp. 120.000 - 190.000 (price varied in E-commerce sites)

PRO : 
This product needs more spotlight! When I first saw the ingredients, i was impressed. Gila, cuma tiga bahan dan semuanya bagus! Resveratrol dan Ferulic Acid itu bagus banget buat menambah antioxidant yang membantu produksi kolagen di kulit.

Sedikit info aja nih ya. Saat bertambah usia, produksi kolagen pada kulit juga akan menurun. Makanya semakin kita tua kulit gak sehalus waktu kita remaja, cepat kering dan mulai keliahatn garis halus di wajah dan leher. Kalau kamu mau menambah antioksidan dari dalam, kamu bisa konsumsi green tea, dark chocolate, goji berry, beetroot, bayam dan masih banyak lagi.

Nah Resveratrol ini ngebantu banget buat nambah antioksidan dari luar dan on the spot langsung di kulit muka kita! Aku pake ini kalau kulit lagi kering banget dan biasa aku campur di pelembab muka.

CON : 
Baunya gak enak! Yaa, kalau dilihat dari komposisi jelas dia gak ada penambahan apa-apa ya, hanya bau asli dari chemical itu sendiri. Bukan bau yang menyengat gimana gitu sih, cuma bau minyak yang kimia gitu deh. Ga terlalu ganggu kalau kamu mix di moisturizer kamu sebagai extra antioxidant dan hydration.

Dan yang harus diperatiin juga, karena dia gak ada campuran Water atau air, tekstur dari Resveratrol ini lebih ke light-oil gitu. Cocok dipake setelah Glycolic Toning Solution atau AHA+BHA.



------------------------

Don't miss The Ordinary (PART 2) for all oils and other products from TO!

Comments

Post a Comment

Popular Posts